Mendengar
“Eh, aku mau cerita.”

Sumber : Pinterest
Sebelum mulai membahas tulisan ini, saya mau bertanya satu
dua hal, nih. Kalian pernah gak sih, dijadikan tempat curhat? Atau justru
sebaliknya? Nah, itu yang akan kita bahas kali ini.
Simple-nya sih, tentang menjadi pendengar yang baik. Karena
sebagian orang lebih suka didengar daripada mendengar, jadi mari kita
sama-sama belajar untuk lebih banyak mendengar sebagai bentuk sikap saling
menghargai.
Menjadi pendengar yang baik itu tidak sulit asal kalian
melakukannya dengan ikhlas. Pertama, kalian harus menunggu sampai orang
tersebut selesai dengan ceritanya. Pahami isi ceritanya dengan baik. Jangan
sampai kalian salah kaprah atau malah miscommunication. Kalian juga tidak boleh
asal memotong pembicaraan, intinya harus sabar menunggu. Pahami masalahnya.

Sumber : Pinterest
Lalu, apa lagi?
Apabila orang tersebut meminta saran pada kalian, berikan
sesuai pendapat kalian dengan jujur tetapi berusaha untuk tetap menghargai
perasaan mereka. Jangan membandingkan diri kalian dengan orang yang bercerita.
Karena setiap orang memiliki masalahnya masing-masing.
“Ah, itu mah gak seberapa!”
“Lo masih mending daripada gue.”
“Bersyukur dulu kali!”
Kata-kata yang sedikit itu bisa membuat orang lain makin
nge-down. Terkadang mereka hanya butuh sedikit perhatian untuk didengar bukan
di-judge. Sampaikan saran atau pendapat kalian dengan kata-kata yang baik, yang
sekiranya membuat mereka mengerti.

Sumber : Pinterest
“Sebaiknya kamu begini.”
“Coba pertama-tama intropeksi diri dulu.”
“Jangan emosi dulu ya.”
Lihat? Lebih enak didengarnya kan? Orang lain juga akan
melihat diri kalian sebagai pribadi yang baik dan pengertian.
Menjadi pendengar yang baik juga bukan pasal curhat aja.
Tapi juga ketika sedang berada di depan umum. Contohnya ketika pidato,
presentasi, dan lain sebagainya. Sebagai audience, kita dilatih untuk menjadi
pendengar yang baik. Mendengarkan apa yang sedang disampaikan dan memahami
isinya.

Sumber : Pinterest
Kuncinya cuma satu. Hargai lawan bicaramu, maka kamu akan
dihargai juga.
Sekian tulisan kali ini. Semoga kalian bisa menjadi
pendengar yang baik ya!
Stay positive!
Comments
Post a Comment